Pasar Perdana dan Pasar Sekunder





KEGIATAN PASAR MODAL DI INDONESIA SECARA STRUKTURAL

Pasar modal (Capital Market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjual belikan, seperti obligasi, saham, dan yang lainnya.
Secara struktural Pasar Modal di Indonesia memiliki dua kegiatan yang berbeda yaitu, sebagai Pasar Perdana dan Pasar Sekunder. 
A.    Pasar Perdana
Pasar Perdana merupakan tempat penawaran saham pertama kali dari emiten kepada para investor selama waktu yang ditetapkan oleh pihak penerbit (Issuer) umumnya dilakukan dalam jangka waktu sekurang- kurangnya enam hari kerja sebelum saham tersebut diperdagankan di Pasar Sekunder. Dalam Pasar Perdana harga saham ditentukan oleh penjamin emisi dan perusahaan yang go public berdasarkan analisis fundamental perusahaan yang bersangkutan. Melalui Pasar Perdana perusahaan dapat memperoleh dana yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai kegiatan operasional seperti pengembangan serta peningkatan produksi perusahaan tersebut, dana tersebut juga dapat digunakan untuk membayar utang perusahaan dan memperbaiki struktur permodalan usaha.
Dalam pasar perdana proses transaksi bersifat satu arah yakni investor sebagai pembeli atau pemesan  melalui penjamin emisi dan agen penjualan. Transaksi yang terjadi dalam pasar ini bukan antara investor dengan investor, melainkan investor dengan emiten. Investor yang memesan saham akan mendapatkan sesuai dengan sistem penjatahan yang diterapkan oleh pihak penjamin emisi, harga di pasar ini  telah ditentukan dan tidak dapat berubah. Dipasar ini efek- efek yang diperdagangkan masih belum tercatat dibursa efek, saham dan efek lainnya untuk pertama kalinya ditawarkan kepada investor oleh pihak Penjamin Emisi (Underwriter) melalui Perantara Pedagang Efek (Broker-Dealer) yang bertindak sebagai Agen Penjual saham. Proses ini biasa disebut dengan Penawaran Umum Perdana (Initial Publik Offering/IPO).

B.     Pasar Sekunder
Pada dasarnya Pasar Sekunder merupakan kelanjutan dari pasar perdana, yakni tempat jual beli berbagai macam efek yang sebelumnya telah melewati masa penawaran di pasar perdana, pada pasar ini efek-efek yang diperdagangkan telah tercatat dalam bursa serta proses transaksi dilakukan dari satu investor kepada investor lainnya, sehingga para investor dapat membeli dan menjual efek setiap saat dan investor bisa membeli saham dengan volume berapa saja sesuai dengan kemampuan keuangannya. Satuan yang digunakan disebut dengan istilah “lot”, satu lot saham mewakili 100 lembar saham. Satuan ini tidak hanya digunakan dipasar sekunder saja melainkan di pasar perdana juga menggunakan satuan yang sama.
Dalam Pasar Sekunder juga terdapat tiga jenis perdagangan yang dapat dilakukan, diantaranya Pasar Reguler, Pasar Negosiasi, dan Pasar Tunai. Mekanisme dalam Pasar Reguler para investor melakukan transaksi dengan kenaikan harga yang sudah ditentukan oleh fraksi harga, Namun dalam Pasar Negosiasi perdagangan dilakukan melalui proses tawar menawar secara langsung di luar fraksi harga saham, sedangkan dalam Pasar Tunai hampir sama dengan Pasar Reguler yang berbeda hanya sistem pembayarannya, Di pasar reguler penyelesaian transaksi adalah t+3 (3 hari setelah transaksi), sistem pembayaran di pasar tunai t+0 jadi dilakukan hari itu juga. 
Berdasarkan penjelasan diatas apabila dilihat dari kepentingan pemodal dalam membeli dan menjual saham, maka terdapat beberapa perbedaan antara Pasar Perdana dengan Pasar Sekunder. Perbedaan pertama, pada Pasar Perdana harga yang telah ditentukan tidak akan berubah, sedangkan pada pasar sekunder, harga berubah - ubah sesuai dengan kekuatan supply dan demand. Kedua, Transaksi perdagangan di Pasar Perdana tidak dikenakan komisi, sedangkan pasar sekunder, ada biaya komisi. Ketiga, jika pada Pasar Perdana hanya berlaku pada saat pembelian saham tetapi di Pasar Sekunder, bisa terjadi pola jual beli seperti halnya pasar secara umum.keempat, jika dilihat dari sudut pandang jangka waktu, Pasar Perdana memiliki batas waktu, sedangkan pasar sekunder tidak.


Sumber Rujukan
Sabbat El Hezekiah. 2014. Memahami Seluk Beluk dan Supply-Demand Dunia Pasar Modal. Malang
Wikipedia. 2018. Pasar Sekunder. (Online). (https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_sekunder). Diakses 15 April 2018
Stockbrokersinfo. 2013. Pasar Perdana dan Pasar Sekunder. (https://stockbrokersinfo.wordpress.com/2013/01/22/pasar-perdana-dan-pasar-sekunder/). Diakses 15 April 2018


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »